Aturan Kerja Warnet Ascom


ASCOM-X

K O M P U T E R
Perum Kebonsari Indah Blok F-7 Jember (0331) 7826147

Profil

Sebagai insan yang beriman dan bertakwa maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan islam yang menjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaiman firman Allah SWT : “…dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat , dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan….”(Qs. An Naba’: 9-11). Rasulullah SAW pun bersabda : “Tiada seorang makan makanan yang lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah daud AS juga makan dari hasil tangannya sendiri” (HR. Bukhari).
Ascom-X awalnya didirikan oleh seorang entrepreneur, dengan satu misi untuk memberikan bantuan dan pelayanan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Nama Ascom-X awalnya bernama Ascom Komputer saja, diambil dari nama sebuah Villa milik Madonna dan kebetulan awalnya pendiri juga menjual voucher pulsa handphone dan juga mendirikan rental komputer kecil-kecilan. AS maksud awalnya berasal dari Voucher Kartu AS mewakili voucher yang lain, sedangkan COMsingkatan dari COMPUTER yang kemudian digabung menjadi ASCOM.
Pada tahap selanjutnya nama ASCOM diubah atau ditambah dengan akhiran ”X” menjadi ASCOM-X.Perubahan nama ini diharapkan dapat mempengaruhi visi dan misi usaha serta personel-personel yang tergabung di dalamnya. X diartikan sebagai eXperience, eXpert, eXtraordinary, eXist, eXpansion.
ASCOM sendiri diartikan oleh pendirinya sebagai Pusat Komputer berarti dengan harapan suatu saat usaha ini akan menjadi suatu usaha yang fenomenal ditengah masyarakat dan menjadi Pusat Utama Pelayanan di bidang Teknologi Informasi berbasis Komputer yang dikelola oleh para personel-personel yang berpengalaman (eXperience), ahli (eXpert) dibidangnya ,luar biasa pelayanan dan pemecahan masalah/ trouble shooting (eXtraordiary), dan berharap akan selalu ada (eXist) dan terus mengembangkan strategi untuk meningkatkan dan memperluas usaha/eXpansion.
Pada tanggal 25 Oktober 2006 merupakan awal berdirinya ASCOM KOMPUTER di Perum Kebonsari Indah Blok F-7 Jember. Berkat dukungan seorang investor yang merupakan salah satu pengusaha pertanian tebu di Jombang yang pernah memperoleh penghargaan Sebagai 10 Petani Tebu Terbaik Se-Indonesia. ASCOM-Xakan tetap eXist menjadi salah satu Badan Usaha ternama terutama di Kota Jember dan sekitarnya. Amin.
Jenis Usaha :
  1. Bisnis inti : Warung Internet
  2. Bisnis penunjang : Scanning, printing, Foto Editing, Kantin mini, Rental dan Pengetikan komputer.
PERATURAN PERUSAHAAN
ver 0.1
1. Waktu dan Tempat Kerja
  1. Pengelola bekerja berdasarkan tanggung jawab terhadap Job Description, tidak berdasarkan waktu, jamkerja dan tempat tertentu. Pengelola dapat bekerja kapan saja dan dimana saja asal dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan job description yang telah disepakati bersama.
  1. Karyawan bekerja berdasarkan jam kerja dan job desription, tidak berdasarkan waktu tertentu dan tempat tertentu, karyawan dapat bekerja dimana saja dengan waktu kapan saja asal memenuhi target waktu 7 jam kerja perhari selama 6 hari dalam seminggu.
  1. Semua pengelola dapat meminta bantuan kepada karyawan, dengan syarat :
· Karyawan mempunyai jam kosong atau jam kerja yang dapat ditunda.
· Jam kerja karyawan tidak melebihi 7 jam kerja efektif.
  1. Pada jam kerja, karyawan harus melakukan kerja yang telah tertulis di laporan plan secara berseri. Karyawan dilarang melakukan aktifitas yang tidak berkenaan dengan pekerjaan seperti : chatting, menonton TV, browsing ke situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, dan lain-lain. Karyawan diberi kebebasan untuk melaksanakan aktifitas pribadi bila jam kerja telah mencapai 7 jam akumulatif pada hari itu
  1. Bila karyawan pada suatu hari tidak dapat mencapai jam kerja 7 jam, maka jam kerja ini dianggap sebagai hutang yang harus dibayar pada keesokan harinya.
  1. Bila pada saat jam kerja, pekerjaan telah rampung semua, maka karyawan dapat membuat tambahan pekerjaan pada laporan plan atau karyawan segera mengerjakan pekerjaan tambahan yaitu membuat aplikasi yang dapat dijadikan sebagai produk perusahaan.
  1. Karyawan dapat memilih waktu jam kerja, misalnya untuk perbaikan server maka dapat dikerjakan pada malam hari.
  1. Karyawan diberi kebebasan untuk waktu istirahat. Karyawan dapat beristirahat pada siang hari, namun dengan syarat akumulasi jam kerja tetap 7 jam.
  1. Setiap selesai melakukan pekerjaan, maka laporan evaluasi harus segera diisi.
  1. Karyawan berhak mendapatkan gaji lembur, bila jam kerja melebihi 7 jam efektif, dan atau bila karyawan mendapatkan pekerjaan lain seperti menjadi trainer atau mengerjakan pembuatan aplikasi.
2. Perubahan peraturan
  1. Peraturan dapat dirubah sewaktu-waktu, dengan syarat perubahan peraturan disepakati oleh pengelola.
  2. Peraturan diberi nomor versi agar mudah dikenali.
JOB DESCRIPTION PENGELOLA
1. Manajer IT dan Keuangan
A. Pekerjaan Teknis
  1. Membuat plan dan laporan pekerjaan
· Mengatur pembagian tugas untuk karyawan.
· Bertanggung jawab maintenance hardware komputer antara lain :
- Secara rutin mengecek kondisi
o floppy disk
o port USB
o port sound
- Mengisi tinta komputer dan mengecek kelayakan catridge
  1. Bertanggung jawab maintenance software komputer, antara lain:
· Secara rutin mendefrag hardisk terutama pada partisi sistem operasi
· Secara rutin melakukan scan virus dan spy
· Secara rutin menghapus file2 yang dicurigai dapat mengundang virus, spy dan file yang berkaitan dengan pornografi
· Secara rutin Mengupdate data member di billing
· Secara rutin Mengupdate antivirus dan program anti spy
· Secara rutin Mengupdate sistem operasi
· Secara rutin install dan memerika aplikasi
  1. Mengusahakan OS server yang stabil dan legal
· Mempelajari dan membandingkan OS untuk server
· Mengusahakan komputer cadangan untuk server
  1. Mengatur jaringan LAN & Internet
· Siap mengembangkan jaringan LAN sewaktu2.
· Secara rutin mengecek kondisi jaringan LAN dan merapikan kabel data
· Menghubungi pihak provider bila terjadi masalah dengan koneksi.
· Menyiapkan alternatif koneksi internet sebagai cadangan.
  1. Mengusahakana billing yang stabil
· Aktif mencari alternatif billing yang terbaik.
· Secara rutin menguji coba billing pada server pada malam hari.
  1. Bertanggung jawab atas dekorasi dan kenyamanan ruangan.
· Setiap pagi menyemprot cairan pewangi
· Setiap pagi membuka jendela untuk sirkulasi udara segar.
· Merapikan kursi, meja, monitor dan membersihkan sampah di ruang warnet.
  1. Mengatur penggunaan alat komunikasi
  2. Riset pengembangan produk
· Membuat software sebagai produk yang siap di pasarkan
· Membuat penjelasan teknis terhadap produk yang akan dan telah dibuat.
· Mengerjakan software pesanan client.

B. Pekerjaan Keuangan

  1. Menyiapkan uang pecahan ratusan dan ribuan untuk uang kembalian setiap pagi.
  2. Membuat rancangan pengeluaran operasional perusahaan
  3. Bertanggungjawab terhadap kestabilan listrik dan penerangan.
  4. Bertanggung jawab terhadap keamanan
2. Manajer Administrasi dan Pemasaran

A. Pekerjaan Administrasi

a. Membuat plan dan laporan pekerjaan
b. Merancang dan bertanggung jawab mengatur surat menyurat
· Membuat dan memperbanyak formulir pendaftaran member warnet dan pendaftaran training
· Menyiapkan kwitansi atau bukti pembayaran pendaftaran warnet dan training
· Membuat rekapitulasi dan menyimpan arsip formulir pendaftaran.
· Mengolah data dalam bentuk grafik berdasarkan usia, pendidikan, dan lain sebagainya untuk kepentingan analisa kebijakan perusahaan.
· Membuat format baku penulisan surat
· Merekapitulasi dan mengarispkan surat yang dan masuk
· Membuat notulensi pada setiap rapat dan acara.
c. Mengatur inventaris kantor
· Membeli barang-barang kebutuhan kantor
· Menginventaris barang-barang milik kantor
· Memantau kelengkapan dan keberadaan barang-barang tersebut
d. Bertanggung jawab terhadap operasional kantin mini.

B. Pekerjaan Pemasaran

a. Membuat plan dan laporan pekerjaan
b. Mempelajari dan mengemas informasi teknis produk
· Mempelajari teknis produk dari modul panduan teknis produk
· Mengedit bahasa teknis produk menjadi bahasa pemasaran yang mudah dipahami
c. Edukasi Pasar
· Memberikan informasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan produk yag akan dipasarkan

· Menempel pamplet informasi tentang IT baik di dalam atau diluar gedung

· Merencanakan dan menyelenggarakan seminar atau acara untuk mengedukasi pasar
d. Penelitian Pasar
· Secara rutin mengunjungi perusahaan sejenis untuk mempelajari produk yang ditawarkan
· Menganalisa data member warnet dan peserta pelatihan
· Membuat list lembaga dan membuat skala prioritas untuk promosi produk
e. Mempromosikan produk dan jasa perusahaan kepada publik
· Secara rutin menyebarkan brosur ketempat2 strategis
· Menempel pamplet2 di semua sekolah dan kampus di Palembang
· Memasang spanduk minimal sebulan sekali.
· Memasarkan produk2 dengan sistem jemput bola ke institusi yang telah diprioritaskan.
f. Bertanggung jawab terhadap urusan sosial.
ALUR PENDELEGASIAN PEKERJAAN :
  1. Pendaftaran member warnet baru
· MAP membuat dan memperbanyak formulir pendaftaran dan bukti pendaftaran lalu memberikan ke MIT
· MIT menyimpan formulir pendaftaran dan memberikan ke calon member.
· Formulir yang telah diisi segera diinput dalam database billing lalu formulir diserahkan kepada MAP
· MAP membuat kartu anggota dan dipastikan selesai paling lama 4 hari setelah data diterima.
· MAP membuat atau mengupdate rekapitulasi data member dan membuat analisa
  1. Teknis Pelaporan plan dan evaluasi
· MAP menyiapkan laporan plan dan evaluasi dan memberikan kepada seluruh pengelola dan karyawan
· Semua pengelola dan karyawan diberikan hak waktu dan tempat untuk mengisi formulir laporan.
· Waktu kerja yang diberikan kepada karyawan adalah 8 jam dan1 jam istirahat. Mohon untuk laporan plan diisi sampai genap 7 jam kerja akumulatif.
· Bila akumulasi jam kerja tidak sampai 7 jam, maka pengelola diharapkan menambah beberapa plan pekerjaan hingga tercapai akumulasi 7 jam kerja.
· Laporan diserahkan kepada MIT setiap hari jam 09.00 yang berisi :
a. Laporan evaluasi sehari sebelumnya
b. Plan untuk hari ini
· MIT mempelajari laporan dan memberikan catatan singkat lalu memberikan kepada MP pada jam 9.30, bila pada waktu tersebut MP tidak menerima laporan dari MIT, maka segera MP menghubungi MIT untuk konfirmasi
· MP mempelajari laporan dan memberikan catatan singkat lalu memberikan kepada MAK pada jam 10.00, bila pada waktu tersebut MAK tidak menerima laporan dari MP, maka segera MAK menghubungi MP untuk konfirmasi
· MAK mempelajari laporan dan memberikan catatan singkat lalu memberikan kembali kepada karyawan dan pengelola pada jam 10.30, bila pada waktu tersebut karyawan tidak menerima laporan dari MAK, maka segera karyawan menghubungi MAK untuk konfirmasi
· Bila ada manajer yang berhalangan hadir maka berlaku pass up, yaitu laporan langsung diteruskan ke penerima selanjutnya.
  1. Kerusakan hardware
a. MIT cek hardware bila divonis rusak, maka
· MIT segera mengembalikan hardware ke toko bila ada garansi
· MIT segera membeli harware baru bila tidak ada / habis garansi
  1. Pembelian alat dan perlengkapan baru
· MIT, MAP membuat catatan tertulis atau proposal pembelian alat atau perlengkapan, kemudian diserahkan kepada MIT
· MIT meninjau proposal, bila setuju langsung beli. Barang diserahkan kepada pengusul
  1. Pembuatan Pamplet
· MAP menulis secara rinci informasi teknis produk yang akan dipublikasikan, lalu memberikan kepada MIT
· MIT menambahkan catatan bila diperlukan, lalu konsep ini diberikan kepada MAP
· MIT menganalisis harga produk, kemudian diberikan kepada MAP
· MAP mendesain pamplet, memperbanyak dan mempublikasikan.
  1. Pendaftaran Pelatihan
· MAP memberikan laporan dalam bentuk tertulis tentang jadwal pelatihan kepada MIT
· MIT menyiapkan master panduan pelatihan dan memberikan kepada MAP
· MAP memperbanyak perlengkapan pelatihan seperti buku panduan dan kartu nama peserta.
· MAP menyiapkan meja pendaftaran beserta tulisan informasi pendaftaran, tulisan informasi pendaftaran dapat berupa pamplet, spanduk, tulisan yang diletakkan di atas meja.
· MAP memberikan briefing kepada seluruh karyawan mengenai ketentuan pendaftaran
· MAP memastikan bahwa meja pendaftaran dijaga setiap saat mulai pukul 09.00 s.d 17.00 wib
· MAP menyiapkan segala bentuk administrasi pendaftaran seperti : formulir pendaftaran, kwitansi pendaftaran, cap stempel, buku panduan pelatihan, map, bloknote, stiker, dan lembar rekapitulasi pendaftaran.
· Formulir pendaftaran peserta diserahkan kepada MIT untuk menganalisa audiens.
· MIT menyiapkan materi, instruktur, dan tempat pelatihan.
· MIT membuat laporan tertulis mengenai hasil dan evaluasi pelatihan dan diserahkan kepada MAK.
Tambahan :
1. Bila ada permasalahan, mohon tidak diselesaikan dengan emosi dan mengkambinghitamkan orang lain, lebih baik ambil solusi berikut ini :
  • Tanyakan dengan baik-baik dengan orang yang bersangkutan, kalo bisa menawarkan bantuan.
  • Bila belum ada peraturan mengenai masalah itu, segera buat usulan peraturan tertulis dan diserahkan kepada MAK
  • Bila sudah ada peraturannya, coba cek peraturannya apakah ada peraturan yang perlu diperbaiki.
2. Untuk membantu pekerjaan pengelola dapat meminta bantuan karyawan lepas atau freelancer dapat mengusulkan kepada MIT untuk menambah karyawan baru.

3. Peraturan dianggap sah dan berlaku bila, disetujui oleh sekurang-kurangnya dua pengelola. Dan peraturan yang telah dibahas agar segera diberlakukan, walau hanya sedikit.

4. Rapat dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa harus menunggu dijadwalkan.
5. Karyawan yang sedang bekerja pada jadwal kerja yang telah ditentukan, dapat dialihtugaskan oleh pengelola untuk mengerjakan pekerjaan lain yang ditentukan oleh pengelola.
PERATURAN JAGA

WARNET

1. Mencatat seluruh pemasukan kedalam pembukuan
2. Melaporkan pemasukan setiap 15 menit sebelum jam kerja berakhir
3. Untuk terciptanya suasana spiritual maka setiap hari jum’at dan setiap magrib untuk menstel lagu-lagu Nasyid
4. Menjaga kebersihan server :
o Tidak ada kertas selembarpun yang berserakan diatas meja
o Kertas billing yang tidak digunakan lagi segera buang
o Alat tulis dan disket yang tidak diperlukan segera disingkirkan dari atas meja.
o Barang yang tidak diperlukan lagi segera di buang ke kotak sampah.
o Barang yang tidak berkaitan dengan kebutuhan billing segera disimpan di lantai atas.

5. Perawatan printer:
o Pastikan setiap saat ada catridge cadangan baik hitam atau warna yang telah terisi full.
o Bila tinta di printer habis, segera ganti dengan catridge cadangan yang telah diisi tinta. Setelah catridge cadangan digunakan, segera isi catridge yang barusan habis.
o Buang catridge yang rusak agar tidak membingungkan.
o Bila warna pada catridge tidak normal, segera isi ulang dan bila masih tidak normal segera buang dan ganti yang baru.
6. Setiap pagi, menyiapkan uang pecahan :
o 3 lembar uang 10ribuan dan 4 lembar uang 5ribuan
o uang ribuan sebanyak 20.000,-
o uang pecahan 500-an sebanyak 10.000,-
o uang pecahan 100-an sebanyak 20.000,-
bila tidak ada segera minta uang ke MIT untuk ditukar ke bank.
7. Ramah kepada pengunjung
a. Senyum kepada setiap pengunjung
b. Tidak ketus walaupun ada kesalahan kecil yang dilakukan penjunjung, misalnya :
o bila pengunjung nge-print tidak bilang2 hingga ngeprint di kertas kecil, maka tidak perlu dimarahin. Tapi beri tahu aja untuk print ulang kembali.
o Bila pengunjung buang sampah sembarangan, maka tidak perlu ditegur, dan jangan juga membuang sampah itu saat pengunjung masih di tempat. bila pengunjung pergi maka segera buang sampah tsb.

8. Bila ada pengunjung yang datang maka :
o Beritahukan komputer yang kosong,
o Bila perlu antar pengunjung tsb sampai benar2 bisa login.
o Cek billing, pastikan nama peserta sudah masuk dan billing berjalan dari waktu nol.
9. Bila ada pengunjung yang selesai maka :
o Pastikan nota telah di print di kertas kecil, bila terlanjur ter print di kertas besar maka segera print ulang
o Tanyakan kepada pengunjung apakah beliau member, bila iya maka segera hitung ulang dengan menggunakan excell.
o Tanyakan kepada pengjunjung ada nge-print atau tidak.
o Abaikan nilai ganjil yang tertera pada kertas atau pada hasil perhitungan, misalnya tertera Rp 4.233 maka tagihlah sebesar Rp 4.200,-
o Bila ternyata uang kembalian kurang, segera minta bantuan siapapun untuk menukar uang dan penjaga warnet harus segera kembali ke meja billing.
o Segera setelah pengunjung pulang, dan tidak ada kerjaan mendesak lain segera :
o Cek tempat penjunjung yang barusan pulang, apakah ada barang yang tertinggal atau ada disket yang belum dikeluarkan dari CPU.
o Rapikan kembali meja, pmonitor, key board, mouse, kursi, sekat, dan buang apabila ada sampah.
10. Pengaturan Listrik :
o Komputer dihidupkan semua pada jam 09.00
o Pukul 19.00 komputer yang tidak terpakai segera dimatikan
o Pukul 21:00 semua stabilizer yang tidak digunakan dimatikan
o Pukul 22.00 bila tidak ada yang bekerja diruangan, maka semua lampu dimatikan. Bila ada yang bekerja maka hanya lampu ruang tamu dimatikan.
11. Harga print:
o Full color Full Paper Rp 3.000,-
o Banyak gambar teks sedikit Rp 2.000,-
o Banyak teks, gambar sedikit Rp 1.000,-
o Teks only Color Rp 600,-
o Ada gambar warna kecil Rp 600,-
o Print biasa tanpa warna Rp 300,-
o Print yang berlebih dan tidak sengaja tidak usah dihitung.

KANTIN MINI

1. Menjaga kebersihan dan kenyamanan kantin
2. Menyusun barang jualan semenarik mungkin
3. Menjual sesuai dengan harga yang tertera dan mencatat seluruh transaksi kedalam buku pelaporan.
4. Menyimpan dan merapikan kembali ketempat semula